translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

30 Okt 2012

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Anak Anda

 agar anak Anda menjadi lebih baik di sekolah, penuh energi, serta tumbuh kuat dan sehat? Berikut ini adalah ide terbaik yang telah teruji, berupa 5 makanan sehat penuh nutrisi untuk anak Anda !

Salmon: Untuk meningkatkan kesehatan otak
Ikan berlemak seperti salmon adalah sumber terbaik lemak omega-3, yang telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif pada bayi dan anak-anak. Omega-3, khususnya jenis yang dikenal sebagai DHA, merupakan sebuah komponen penting dari membran sel otak. Membuat anak kecil  untuk makan ikan mungkin adalah sebuah perjuangan, namun teruslah mencoba. Penelitian menunjukkan bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk memperoleh manfaat peningkatan pada otak dari menu makan kaya omega-3. Buatlah salmon lebih disukai anak dengan memberi pelapis manis seperti teriyaki, atau campurkan salmon pada hidangan pasta dengan saus lemon dan bawang putih yang lezat.

Kacang-kacangan: Untuk meningkatkan mood
Fluktuasi drastis kadar gula dalam darah dapat membuat sisi rewel anak Anda mencuat, sehingga memilih makanan yang dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula adalah kunci untuk menjaga agar anak-anak bahagia dan sehat. Kacang-kacangan merupakan sumber serat yang larut, merupakan bahan yang mengatur kadar gula darah, dan sebagai hasilnya dapat membantu melembutkan perubahan suasana hati dan menenangkan emosi. Kacang hitam, pinto, kacang merah, dan kacang-kacangan yang mengandung zat tepung lainnya memiliki tekstur  yang halus dan baik, sehingga lebih mudah untuk membuat anak anda yang suka pilih-pilih makanan menjadi ketagihan. Tambahkan kacang-kacangan pada daging isi taco atau kalkun pedas, atau sajikan hummus (yang terbuat dari sup kacang garbanzo) sebagai sup celupan untuk sayuran atau keripik panggang.

Gandum: Untuk asupan energi
Semangkuk bubur gandum (oatmeal) hangat dan lembut adalah sarapan favorit anak penuh manfaat. Karbohidrat dalam oatmeal yang lambat dibakar oleh tubuh dan kaya serat, menyediakan asupan energi menerus yang dimanfaatkan sepanjang pagi oleh tubuh dan otak anak Anda. Memulai hari dengan karbohidrat kualitas tinggi membantu anak-anak tetap fokus pada kegiatan dan kelas pagi mereka. Selain itu, ini juga dapat memberikan atlet cilik Anda bahan bakar yang mereka butuhkan untuk tetap fit selama acara olahraga yang panjang. Untuk membuat oatmeal polos menjadi lebih menarik, campurkan potongan apel, irisan pisang, kismis, ceri kering atau cranberry, potongan kacang, ataupun selai kacang, dan aduk dengan 1-2 sendok teh gula, madu, atau sirup maple untuk pemanis.

Telur: Untuk membangun otot
Anak-anak selalu membentuk jaringan otot baru ketika mereka tumbuh, jadi sangat penting bagi mereka untuk mendapat protein kualitas tinggi yang cukup, seperti protein yang terkandung dalam telur misalnya. Untuk hidangan seperti telur orak-arik dan omelet, kombinasikan 1 butir telur utuh dengan 2 sampai 3 putih telur untuk mengurangi lemak jenuh dan kolesterol yang ada pada kuning telur. Tambahkan sejumlah nutrisi pada telur orak-arik biasa dengan mencampurkan  sayuran berwarna-warni seperti paprika merah, bayam, tomat, brokoli atau bersama dengan beberapa keju kaya kalsium-rendah lemak. Selain itu, Anda dapat juga membuat burrito untuk sarapan sehat, atau berikan anak-anak Anda telur rebus untuk camilan dengan mendidihkan selusin telur pada satu waktu dan menyimpannya dalam wadah karton di lemari es sehingga telur rebus siap diambil setelah sekolah.

Bayam: Untuk mempertajam penglihatan.
Bayam menawarkan bahan trifecta untuk meningkatkan kesehatan mata, yaitu beta-karoten, lutein, dan vitamin E. Memberi anak-anak Anda nutrisi ini ketika masih muda dapat membantu menjaga penglihatan mereka jernih dan sehat ketika mereka tumbuh dewasa. Jika Anda memiliki anak yang rewel terhadap makanan, saya sarankan pertama kali mengenalkan mereka pada bayam bayi, di mana daunnya tidak begitu pahit, rasanya lebih lembut daripada bayam biasa. Sebagai tambahan, bayam bayi telah dibersihkan dan dikemas dalam kantong dan bahkan tidak perlu dipotong, sehingga benar-benar menghemat waktu bagi ibu yang sibuk. Rebus satu kantong bayam ke dalam satu panci saus marinara hangat dan hidangkan di atas pasta atau potongan ayam panggang. Cara masak lainnya, rebus dan tiriskan satu kotak bayam beku yang telah dipotong dan tambahkan pada kebab atau daging cincang. (erabaru/wid)


maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “5 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Anak Anda”

Posting Komentar