translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

29 Okt 2012

Apa yang Tersembunyi dalam Mulut Anda?

Secara umum mulut manusia mengandung jutaan bakteri. Jika anda belum menggosok gigi, mungkin saja akan ditemukan lebih banyak bakteri dalam mulut anda sekarang dibandingkan dengan banyaknya jumlah penduduk di dunia.

Para ilmuwan telah mengidentifikasikan lebih dari 700 spesies mikroba yang bersemayam dalam mulut.

Jika anda menjatuhkan makanan anda ke lantai, kuman akan TETAP MENEMPEL dalam makanan meski belum melewati lima detik
alt 
Meskipun benar bahwa semakin lama makanan berada di lantai, semakin banyak kuman akan menempel, aturan “belum lima detik” adalah tidak tetap. Makanan akan mulai menyerap kuman seketika setelah menyentuh lantai. Sebaiknya anda membuang makanan yang jatuh.

Anda tidak seharusnya berbagi sikat gigi dengan orang lain. CDC menyarankan “pertukaran cairan tubuh dengan berbagi seperti itu akan meningkatkan resiko infeksi bagi orang yang berbagi sikat gigi.”

Penelitian menunjukkan bahwa kuman terdapat di mana saja, baik di gincu (termasuk contoh gincu pada stan kosmetik), pemoles bibir, gelas minum, alat-alat music, dan banyak barang barang lain yang sering kali dipakai berbarengan.

Jangan berbagi barang barang pribadi seperti itu, jika anda ingin menghindari kemungkinan tertular bakteri, virus atau mikroba yang berbahaya.

Untuk melindungi sikat gigi anda dari kuman yang berbahaya, anda harus membiarkan sikat gigi anda di udara terbuka. 

Asosiasi Dokter Gigi Amerika merekomendasikan untuk mencuci sikat gigi anda di bawah air keran yang mengalir dan kemudian membiarkannya kering. Memasukkan sikat gigi anda ke lemari yang tertutup akan menciptakan lingkungan yang lembab untuk pertumbuhan bakteri.

Menurut Asosiasi Dokter Gigi Amerika, “Tidak ada bukti klinks bahwa merendam sikat gigi dalam air anti bakteri atau menggunakan pembersih sikat gigi memiliki efek yang positif atau negatif terhadap kesehatan.” Dan menggunakan mesin pencuci atau microwave akan merusak sikat gigi anda.
Para ahli merekomendasikan untuk mengikuti saran yang sama untuk alat-alat yang dimasukkan ke dalam mulut anda, meskipun ada tambahan disinfeksi untuk pembersih gigi tiruan diperlukan. Konsultasikanlah dengan dokter gigi anda tentang cara terbaik untuk merawat alat-alat gigi yang sering anda gunakan.

Asosiasi Dokter Gigi Amerika menyarankan untuk mengganti sikat gigi anda setiap tiga atau empat bulan, segera setelah bulu sikat gigi menjadi usang.  Alasan utama untuk penggantian adalah untuk memastikan bahwa sikat gigi anda berfungsi dengan baik – bukan karena telah mengandung bakteri.

Meskipun mereka menyadari bahwa “beragam mikroorganisme dapat berkembang di dalam sikat gigi setelah digunakan,” mereka tetap mempertahankan argumen bahwa “kurangnya bukti klinis untuk mendukung bahwa perkembangan bakteri pada sikat gigi akan membawa pada efek kesehatan yang lebih lanjut.”

Asosiasi Dokter Gigi Amerika telah menyetujui banyak produk antiseptik kumur mulut untuk “manfaat terapi mengurangi plak dan radang gusi.” Mereka menyatakan bahwa “produk-produk ini telah terbukti dapat membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut.”

Tentu saja, bau mulut dapat disebabkan oleh hal-hal lain selain daripada kuman, seperti memakan bawang putih atau makanan berbau lainnya atau kurangnya kebersihan gigi. Kondisi medis tertentu dapat juga menyebabkan bau mulut.

Dalam kasus ini, kumur mulut dapat membantu anda menghindari bau mulut, tetapi tidak akan menyelesaikan permasalahan tersebut. Untuk pilihan yang lebih alami, teh hijau juga punya manfaat untuk gusi yang sehat dan mengurangi kemungkinan kehilangan gigi. (WebMD/Jo)


sumber : Erabaru.net

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Apa yang Tersembunyi dalam Mulut Anda?”

Posting Komentar