translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

8 Jun 2010

Cara Belajar by : akhiraetshu

Wah…sudah mendekati ujian,,semuanya pasti sibuk dengan belajar tak terkecuali saya sendiri. Banyak diantara kita pasti sering bertanya –tanya ,” bagaimana cara orang –orang pintar belajar ?” semua nya pasti heran jika melihat orang –orang pintar belajar. Yang tempo waktunya itu sebentar tetapi dapat menampung banyak sekali bahan materi pelajaran. Heran bukan ?

Sedikit menguak tentang orang –orang pintar. Sebenarnya mereka itu bukan orang pintar, hanya sedikit sekali orang –orang pintar yang benar –benar terlahir dengan kemampuan kepintarannya, dengan perbandingan 1 : 99, jadi bisa diasumsikan jika terlahir 100 orang bayi hanya 1 diantaranya yang benar –benar pintar. Lalu sisanya kemana?? Sisanya adalah orang –orang normal. Tapi dibalik semua itu , orang –orang normal memiliki kemampuan lebih untuk mengasah kecerdasaannya, yach, semuanya kembali lagi kepada orang itu sendiri bagaimana dia melatih dirinya untuk menjadi pintar”. Ada yang diantaranya melatih diri selayaknya orang –orang pintar, ada pula yang hanya diam –diam merenungi ke normalannya, sehingga tidak ada yang dapat dia lakukan, ada pula yang menghancurkan ke dirinya sendiri, dengan berbagai persepsi orang –orang normal untuk mengubah dirinya sendiri. Lalu, Termaksud yang manakah anda? Itu pertanyaan yang mesti anda jawab.


Sejujurnya orang –orang yang telah sukses sekarang ini bukanlah orang –orang pintar, mereka adalah orang –orang normal yang memiliki impian dan kemampuan untuk berusaha sekeras tenaga agar bisa menjadi orang –orang pintar.

Jika anda ingin belajar dan mengubah diri selayaknya orang –orang pintar, mungkin trik konyol ini bisa anda coba. Hm….~~sebelum menjadi orang –orang sukses cobalah trik ini buat menghadapi ujian, trik konyol ini mungkin sering anda temui, tapi ini adalah trik yang sesungguhnya yang tidak pernah kita sadari. Adapun trik belajarnya :

1. impian belajar

Bahas –bahas soal belajar, jika anda ingin sukses dalam belajar, jangan pernah menyerah untuk berimpian. Sesulit apapun soal ujian yang bakal anda hadapi itulah tantangan yang mesti anda lewati. Impian akan membentuk semangat dalam jiwa kita, dengan bermimpi untuk mendapatkan impian kita akan semakin termotivasi dan yang paling spektakulernya dengan impian kita akan semakin berkeyakinan untuk mengapai impian kita. Sudahkah anda meiliki impian untuk menghadapi ujian?

2. susun target anda

Wah…ini saya yakin, pasti sering kita dengar, tapi pasti paling jarang dilaksanakan. Target sangatlah penting, demi pencapaian yang lebih maju, sukses dan menopang kemampuan kita agar dapat bekerja dengan lebih ekstra lagi. Target disusun dengan pencapaian dan kemampuan diri anda. Buatlah sebuah daftar pelajaran anda berserta table targeting yang bakalan anda kejar. Sesudah itu, temple target tersebut pada tempat –tempat yang sering anda lihat, anda jumpai. Missal : di pintu kamar, di wc kali, di jendela, di dinding sekolah, di atap , ditiang jemuran juga boleh. Nah~~otomatis kita akan melihat hal tersebut, yach…pertama mungkin kita tidak bakalan respek dengan tulisan itu, tapi lambat laun itulah motivasi kita untuk maju, percaya tidak percaya lah, pasti anda akan termotivasi karena tulisan itu adalah tulisan anda, dan anda harus konsekuensi untuk mengejar target anda. Oopszzzz”…jika pada akhirnya hasil ujian tidak sesuai dengan target yang didapat, itu jangan dihiraukan..tapi yang mesti anda lihat adalah kemajuan dari nilai yang anda peroleh. Anda bandingkan dengan nilai –nilai sebelumnya..pasti ada kemajuan yang berarti…

3 . belajar

Ssshhhh`~”belajar emank paling membosankan?” Semua pasti setuju soal hal ini. Belajar sendiri tidak dapat anda lakukan hanya dalam sejam , ataupaun beberapa menit. Percaya ataupun tidak, orang pintar yang kalian sebut –sebut selama ini juga tidak pernah luput dari belajr. Sesuatu kepintaran tidak dapat anda dapat hanya lewat sehari belajar saya, mereka orang –orang pintar menukarkan beberapa jam dalam sehari khusus untuk belajar, jadi pada ujian mereka lah orang –orang yang bakal santai –santai saja. Pasti kalian berpersepsi bahwa , mereka pintar “??? Hahaha..padahal mereka sama saja, Cuma mereka telah menyiapkan semuanya sejak awal.

Untuk belajar sendiri, jangan terlalu dipaksakan. Jika kondisi badan tidak terlalu fit , serius dan mendukung usahakan menormalkan kondisi badan dahulu sebelum memulai kegiatan belajar. Belajar tidak perlu lama –lama. Tapi lakukanlah dengan serius dan focus dengan apa yang anda pelajari. Pasti bisa semua anda terima dengan mudah.

Belajar, usahakan jangan melakukan kegiatan lain, otak hanya bisa menerima perintah satu –satu, jadi kalau anda melakukan beberapa kegiatan sekaligus anda pasti tidak akan serius untuk belajar.

4. fokus, percaya diri, dan motivasi diri

Disaat –saat kegiatan belajar, anda harus pandai memposisikan diri anda sendiri, dengan berfokus dengan bahan belajar akan membuat diri anda semakin menonjolkan kemampuan sesungguhnya yang dapat anda terima melalui belajar mengajar itu.

Percaya lah pada diri anda sendiri.selama belajar jangan pernah membuat diri anda sendiri down atau kalah dengan apa yang anda pelajari. Buat hal yang menarik dengan berpecaya pada kemampuaan anda.

Sedikit seduhan motivasi diri, akan membantu anda untuk selalu mendukung kegiatan anda.

5. selalu bersyukur dan tersenyumlah

Hahahaha..hal terakhir yang pantas dengan belajar adalah selalu bersyukur. Karena semua yang ada dapat , peroleh semua tidak terlepas dari karunianya, semua adalah kehendak-Nya. Maka sudah sewajibnya kita selalu bersyukur, baik ataupun buruk itu jangan pernah lupa untuk bersyukur.
Hehe..tersenyum akan melegakan kegiatan kita selama belajar, itu adalah proses save pelajaran dalam otak. Refleksi yang paling mudah untuk dilakukan.

Mungkin anda tidak bakal setuju dengan pernyataan tersebut, tapi tidak jadi masalah. Karena memang perbedaan itu penting, dengan ada perbedaan kita dapat mengenal dan membandingkan satu dengan yang lainnya.

Jika diantara kalian memiliki pendapat berbeda mengenai belajar, silahkan dicomment dibawah ini.

Di tulis oleh : josse_harlin(07 juni 2010)

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Cara Belajar by : akhiraetshu”

Posting Komentar