translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

8 Jan 2010

tips berjabat tangan



Berjabatan tangan sudah menjadi bagian ritual dunia usaha. Mungkin anda menganggap tidak terlalu perlu dipikirkan panjang –panjang, tetapi tidak bagi orang yang sedang berjabatan tangan dengan anda. Sikapnya dalam berjabatan tangan menampilkan sebagian besar kesannya terhadap anda. Ingatkah anda bagaimana kesalnya anda bila berjabatan tangan dengan orang yang memberikan jabatan yang amat lemah lunglai atau sebalinya terlalu keras bersemangat dalam berjabatan tangan. Proses berjabatan tangan sangat mempengaruhi bagaimana kesan pertama yang didapat dalam diri anda. Sebagai ritual dalam bisnis berjabatan tangan memberikan suatu pandangan berarti bagi pembisnis, karna jabatan tangan memberikan rasa hormat yang mendalam terhadap rekan kerjanya.

Jangan sampai anda dikategorikan sebagai orang yang tidak mengesankan baik saat berjabatan tangan. Berikut ini ada beberapa teknik dalam berjabatan tangan :

1. Tataplah mata lawan bicara anda
saat berjabatan tangan dengannya. Tidak ada yang lebih mengacuhkan selain jabatan tangan tanpa tatapan mata. Ini menunjukan rasa hormat atau tidak tertarik. Dengan menatap lawan bicara saat berjabatan tangan anda menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan diri.

2 Berjabat tanganlah dari telapak ketelapak.
Jangan berjabatan tangan dengan mempertemukan dari jari ke jari atau telapak dengan jari. Dengan berjabatan tangan dari telapak ke telapak akan memberikan perasaan bersahabat dan tidak meninggalkan perasaan yang tidak nyaman atau terluka.

3 Jangan terlalu akrab
Beberapa orang bertindak berlebihan dengan menarik tangan lawan dan secara keras mengayunkan ke atas ke bawah. Jabat tangan semacam ini sama judulnya dengan “ Mulut Besar”. Bersikaplah percaya diri, jangan membuat orang lain kesel.

4. Sadarlah akan keterbatasan phisik seseorang.
Orang jompo,cacat,atau penderita arthritis mungkin memiliki tulang yang lemah dan keterbatasan gerak. Melukai seseorang saat berjabatan tangan mungkin justru menutup pintu bukannya membuka pintu hubungan yang baik.

5 Ingalah untuk menciptakan jabat tangan yang bermakna
Jika anda berjabatan tangan lalu dengan segera menarik tangan anda dan melanjutkan pembicaraan seolah –olah tidak terjadi apa –apa, maka orang akan menganggapnya sebagai jabatan tangan yang tak berarti dan tidak tulus. Memberikan pada lawan anda beberapa saat untuk menunjukkan perhatian anda melalui kontak mata atau pembicaraan sebelum anda menarik tangan anda. Mereka akan merasa bahwa mereka sedang bertemu dengan orang yang layak.

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “tips berjabat tangan”

Posting Komentar