translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

12 Jan 2012

Renungan Kehidupan

Cerita ini diadopsi & dimodifikasi dari Buku Stephen R. Covey. 'Seven Habits of Highly Effective People'.   Dalam suatu perjalanan, kereta api memperlambat lajunya & berhenti di suatu stasiun.Naiklah seorang ibu dengan 2 anaknya yang masih kecil-kecil ke dalam salah satu gerbong.Penumpang sudah cukup padat. Beruntung sang ibu & kedua anaknya bisa mendapatkan tempat duduk.

Awalnya kedua anak kecil itu duduk tenang.Tak lama kemudian,mereka mulai berlarian sambil berteriak-teriak.Mereka juga naik ke tempat duduk,menarik bacaan para penumpang.Keduanya membuat suasana jadi gaduh & tidak nyaman.

Setelah cukup lama menahan diri, seorang bapak yang duduk di sebelah sang ibu menegur, "Kenapa anda membiarkan saja kedua anak anda membuat ribut & mengganggu seisi gerbong?"

Seakan baru tersadar,sang ibu menjawab perlahan, "Saya masih bingung bagaimana menjelaskan kepada mereka begitu kami sampai di Rumah Sakit untuk menjemput jenasah ayahnya."

Ternyata sang ibu mendapat pemberitahuan bahwa suaminya sudah menjadi jazad di Rumah sakit  karena meninggal dalam kecelakaan.Dia sekarang dalam perjalanan dengan anak-anaknya ke rumah sakit.Seketika si bapak yang bertanya terdiam.Segera dari mulut ke kuping tersebar informasi tersebut. & semua penumpang yang tadinya merasa terganggu, berganti iba & simpati.

Alih-alih marah kepad aanak-anak yang gaduh & ibunya yang terlihat cuek, sebagian penumpang malah mulai ikut bermain & bercanda dengan kedua anak itu.Setelah mengetahui lengkap/persis apa yang terjadi, reaksi penumpang berbalik 180 derajat.

Demikianlah dalam kehidupan. Mengetahui lengkap dibanding hanya sebagian, sangat mungkin membuat perbedaan respon seseorang terhadap suatu masalah/kejadian.

Pelajaran Hari ini:
Di saat anda mau marah, jika memungkinkan, cobalah tahan sejenak & cari tahu lebih banyak.
Dgn tambahan informasi, mungkin kemarahan anda jadi batal sehingga tidak muncul penyesalan kemudian.

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Renungan Kehidupan”

Posting Komentar