translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

30 Nov 2011

Jangan biarkan Dunia merubah anda



alt

Pada sebuah pasar swalayan, ada seorang bapak ibu beserta anaknya. Mereka sekeluarga setelah selesai berbelanja kebutuhan sehari-hari, sang bapak memerintahkan anaknya mengembalikan kereta dorong yang mereka pakai ke tempat semula.

“Papa, apakah engkau melihat, kereta dorong terdapat dimana-mana, tidak ada seorangpun mengembalikan ke tempatnya, ini adalah fasilitas dari pasar swalayan ini melayani pelanggan,“ kata si anak.

Bapak tersebut dengan sabar menerangkan kepada anaknya, “Anakku, apakah engkau mengganggap mengantar kembali kereta dorong ini ke tempatnya adalah sebuah perbuatan yang baik?”

Anak ini terdiam beberapa saat, setelah terdiam beberapa saat  Ibunya yang menjawab, “Ini bukan masalah serius, jangan mengharapkan anakmu berbuat terlalu banyak, mari sekarang kita pulang saja.”

Ketika bapak ingin melepaskan keinginannya sendiri, dia melihat, ada sepasang manula masing-masing mendorong kereta dorong dan menaruh kembali ditempat kereta dorong tersebut.

Setelah melihat kejadian ini bapak berkata sekali lagi kepada anaknya, “Anakku, didunia ini ada dua jenis orang, jenis yang pertama adalah orang yang setelah menggunakan kereta dorong meletakkannya disembarangan tempat, dan jenis yang kedua adalah orang yang setelah memakai kereta dorong tersebut dikembalikan ke tempat semula, dan saya mau engkau menjadi orang yang mengembalikan kereta dorong tersebut ke tempatnya. Sekarang kembalikan kereta dorong ini ketempat semula.”

Cerita ini memperingatkan kepada kita bahwa di dunia ini ada 2 jenis orang. Pertama adalah orang yang selalu melakukan hal yang dianggap benar, tidak merugikan orang lain dan berguna bagi masyarakat. Jenis yang kedua adalah mencari berbagai alasan untuk berbuat hal yang demikian.

Jenis yang pertama adalah orang yang patut dihargai, bukan karena mereka mengganggap tindakan tersebut dapat merubah dunia ini, tetapi mereka tidak ingin dunia ini merubah diri mereka. (*)

sumber : erabaru

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Jangan biarkan Dunia merubah anda”

Posting Komentar