translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

30 Apr 2010

Legenda Flying dutchman


Legenda Flying Dutchman mungkin adalah legenda bajak laut yang paling terkenal. Berdasarkan legenda Belanda kuno, Flying Dutchman adalah kapal yang dikutuk karena kaptennya menentang Tuhan. Flying Dutchman dikutuk akan mengarungi lautan selama-lamanya sampai dunia kiamat.
Ada legenda lain yang mengatakan, kapten Flying Dutchman membuat perjanjian dengan iblis yang membuatnya hidup abadi. Hal ini ternyata berdampak pada seluruh kapalnya.

Dalam dongeng pelaut, Flying Dutchman biasanya terlihat dari kejauhan, berkilau dalam cahaya hantu. Bila Flying Dutchman mendekat, akan terdengar jerit para kru-nya yang menginginkan kematian. Kemunculan Flying Dutchman adalah pertanda bencana.

Banyak laporan tentang kemunculan kapal hantu, dari abad pertengahan sampai sekarang. Entah itu ilusi atau fenomena dilautan, kapal hantu tersebut biasanya dijuluki “Flying Dutchman”.


Flying Dutchman juga menjadi terkenal melalui opera Richard Wagner (1843). Banyak seniman yang mengangkat Flying Dutchman sebagai karya mereka, antara lain
Washington Irving (1855),Marryat dan Fitzball.

Dalam “Pirates of the Caribbean”, Flying Dutchman adalah kapal kru-nya perlahan-lahan berubah menjadi makhluk laut. Diceritakan bahwa kapten flying Dutchman adalah Davy Jones, yang jatuh cinta pada Dewi Laut, Calypso. Calypso menugaskannya mengantar jiwa yang mati dilautan ke akhirat. Namun Calypso mengkhianatinya, dan kemudian Davy Jones mencabut jantungnya sendiri, dan menguburnya di sebuah pulau. Jantung itulah yang menjadi rebutan dalam seri kedua Pirates of Caribbean “Dead Man’s Chest”, karena yang menguasai jantung itu juga menguasai Flying Dutchman dan Davy Jones.

Lepas dari Pirates of Carribean, Davy Jones sendiri adalah nama bajak laut yang melegenda. Dia dikenal sebagai kapten bajak laut yang paling licik, jahat, kejam, bahkan kepada kru-nya sendiri. Dia sering membunuh kru-nya sendiri dengan cara mengikatnya dalam peti hidup-hidup, kemudian ditenggelamkan. Cara ini sering disebut “Davy Jones’s Locker” (juga muncul sebagai game konyol Foxy Fox dalam anime One Piece)
Versi paling cute dari Flying Dutchman muncul di Spongebob Squarepans. Flying Dutchman yang seram dipermak menjadi hantu tua berwarna hijau yang mengendarai kapal hijau rusak. Flying Dutchman berkeliaran di seluruh lautan, dan terkadang mampir di Bikini Bottom saat Halloween untuk mencuri jiwa-jiwa.

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Legenda Flying dutchman”

Posting Komentar