translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

30 Jul 2010

Pendidikan untuk Janin dari chinese ; tai jiao


Jauh sebelum orang-orang modern memahami pentingnya pendidikan janin, orang-orang Tiongkok kuno sudah menyusun cara-cara pendidikan janin dan pendidikan bayi.

Istilah Tai Jiao atau pendidikan janin sudah dirangkum dan dicatat dalam buku Fu Ren Liang Fang(terapi bagi ibu) bagian Tai Jiao Men Lun (pembahasan Pendidikan Janin) oleh Chen Zi Ming , seorang tabib terkenal pada masa dinasti Song.

Anjurannya antara lain adalah, ketika ibu sedang mengandung, harus memperhatikan perbuatan baik, berujar yang baik, sering membaca syair-syair yang mengandung isi yang baik, mengenakan batu giok di pinggang agar janin bisa tenang.

Tabib terkenal Sun Se Mao dalam buku Qian Jin Fang mengatakan bahwa Yang Tai (memelihara janin) merupakan hal yang penting bagi ibu-ibu yang sedang hamil.

Dalam masa hamil, dianjurkan agar ibu-ibu sering berdoa, membaca buku-buku Confucius dan berujar agar anaknya menjadi orang baik serta sering memainkan alat musik yang bersifat tenang. Dengan musik, dipercaya bahwa nantinya anak yang lahir akan menjadi cerdas.

Musik-musik yang bersifat menggelora dipercaya akan membuat janin menjadi aktif dan bergerak. Musik yang bersifat menggelora biasanya diberikan pada saat bayi tersebut lahir dan masih berusia muda sekali.

Prinsip-prinsip kuno mengenai pendidikan janin dapat kita lihat di etnis Tionghoa. Rata-rata mereka yang hamil menghindari hal-hal yang bisa membangkitkan amarah, belajar bersabar, tidak melihat pembunuhan atau pemotongan binatang dan selalu berkata-kata baik. Sayangnya mereka tidak menyadari latar belakang yang menyebabkan timbulnya pantangan terutama wanita hamil.

Dari ajaran-ajaran Tiongkok klasik kita dapat berpendapat bahwa wanita hamil sebaiknya :

1. Mendengar musik yang lembut dan menenangkan hati dan untuk bayi bolehlah memberikan musik yang menggelora agar aktif.

2.Tidak melihat atau menonton film-film yang bersifat kejam.

3. Sering berdoa atau membaca buku-buku yang mengajarkan kebaikan

4. Sering berkata kepada janinnya agar menjadi orang baik dan berbudi luhur


Selamat mencoba resep kuno ini.

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Pendidikan untuk Janin dari chinese ; tai jiao”

Posting Komentar