translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

1 Sep 2012

Penyebab Telapak Tangan Dingin

Aliran darah bersirkulasi melalui seluruh tubuh. Ketika tubuh merasakan dingin, dia akan fokus pada tubuh inti untuk mendapatkan darah dalam porsi besar agar terasa hangat, jauh dari tangan dan kaki, sehingga tangan dan kaki adalah bagian tubuh pertama yang merasakan dingin. (INTERNET)

Apakah Anda selalu merasakan dingin pada tangan dan kaki di sepanjang waktu? Menggigil kedinginan, bahkan di sebuah ruangan dengan temperatur di atas 23 derajat celcius? Harus mengenakan lapisan pakaian lebih banyak daripada orang lain?

Anda mungkin mengalami hal semacam ini bertahun-tahun, dan tampaknya dokter tidak dapat menemukan sesuatu yang salah dengan Anda, kecuali, mungkin kadang-kadang Anda didiagnosis menderita tekanan darah rendah, hipotiroid (penyakit akibat kurangnya produksi hormon tiroid yang dihasilkan kelenjar tiroid) atau Sindrom Raynaud (penyakit dengan gejala semacam ujung jari berwarna abu-abu, kebiru-biruan, atau mati rasa).

Apa penyebab tangan dan kaki dingin? Sirkulasi yang buruk? Yang pasti, aliran darah bersirkulasi melalui seluruh tubuh, termasuk tangan dan kaki. Ketika tubuh merasakan dingin, dia akan fokus pada tubuh inti untuk mendapatkan darah dalam porsi besar agar terasa hangat, jauh dari tangan dan kaki, sehingga tangan dan kaki adalah bagian tubuh pertama yang merasakan dingin.

Lantas bagaimana? Apakah ini alasan sirkulasi yang buruk? Istilah pengobatan Tiongkok untuk tangan dan kaki dingin adalah “Si Ni,” yang berarti “tangan dan kaki berasa sangat dingin.”

Pengobatan Tiongkok menganggap tangan dan kaki dingin sebagai indikator energi internal yang lemah, seseorang perlu memiliki energi jantung yang cukup untuk mendapatkan tangan yang hangat, dan energi ginjal yang cukup untuk memiliki kaki yang hangat. Jadi menurut teori pengobatan Tiongkok, tidak mungkin seseorang memiliki “jantung yang hangat” saat tangan terasa membeku.

Berikut ini beberapa metode efektif untuk menangani gejala tangan dan kaki dingin.

Konsumsi makanan yang menghangatkan

Rempah-rempah seperti lada hitam, jahe, cabe, dan bawang putih adalah jenis makanan paling tepat untuk menghangatkan tubuh dan menambah kekebalan tubuh. Selain rempah-rempah, kacang-kacangan dan biji-bijian juga makanan yang menghangatkan – mereka kaya mineral dan asam lemak esensial, seperti kenari, biji bunga matahari, dan biji labu. Sebagian besar makanan yang berbasis hewan juga masuk ke dalam kategori menghangatkan, seperti daging sapi, domba, dan tuna.

Akupresur adalah cara yang baik untuk mengurangi gejala tangan dan kaki dingin

Titik akupunktur Yang Chi adalah salah satu titik akupunktur paling penting untuk sirkulasi darah dan mengatur sekresi hormon. Selama titik akupunktur Yang Chi dirangsang, sirkulasi darah akan meningkat dan sekresi hormon akan seimbang - untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan rasa menggigil. Bagaimana cara menemukan titik akupunktur Yang Chi? Titik akupunktur Yang Chi terletak di punggung pergelangan tangan, seperti yang ditunjukkan dalam gambar.

Lebih bagus merangsang titik akupunktur Yang Chi perlahan selama waktu yang cukup (lebih dari 20 menit, pada kedua tangan), dan tekanan jangan terlalu kuat. Selain itu, lebih baik menggunakan kedua tangan. Gunakan ibu jari tangan kanan untuk menekan titik akupunktur Yang Chi tangan kiri, kemudian lakukan sebaliknya.

Carilah ahli akupunktur yang memberikan ramuan herba Tiongkok

Dari perspektif pengobatan Tiongkok, tangan dan kaki dingin merupakan gejala penyakit karena keduanya dapat dikatakan sebagai peringatan dini tubuh. Jika metode di atas gagal, mungkin waktunya berkonsultasi dengan ahli akupunktur.

Akupunktur adalah cara yang baik untuk meningkatkan aliran darah tubuh dan membantu dalam mengurangi rasa menggigil. Herbal Tiongkok juga dapat membantu mengobati gejala ini. Di antara semua formula herbal, “Si Ni Tang” dan “Dang Gui Si Ni Tang” - formula herbal klasik Tiongkok yang digunakan lebih dari 2.000 tahun – merupakan herba yang paling efektif. Maka cobalah akupunktur dan ramuan Tiongkok, Anda akan takjub seberapa cepat Anda akan mengalami perbaikan.

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Penyebab Telapak Tangan Dingin”

Posting Komentar