translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

4 Agu 2010

Latihan pernafasan

QIGONG (secara harfiah berarti latihan pernafasan), merupakan komponen tak ternilai dari pengobatan tradisional China yang telah ada sejak jaman China kuno. Dengan latar belakang sebagai usaha pencarian umur panjang dengan tujuan utama hidup yang kekal, yang telah menjadi pemikiran bangsa China selama berabad-abad lalu.

Latihan yang dilakukan bertujuan untuk membantu "qi" (energi vital tubuh manusia) beredar bebas dan untuk mengembangkan organ-organ internal, seperti yang tertulis pada catatan kuno yang berasal dari Dinasti Shang (16-11 SM).


Kegiatan latihan "qigong" berawal sejak abad ke-4 masehi. Sejak saat itu sumbangan-sumbangan dari penelitian oleh dokter dan pasien untuk kesehatan yang lebih baik, teknik pengerjaan tanah yang relijius, dan para ahli beladiri untuk metode latihan yang lebih baik seluruhnya memberikan kontribusi besar untuk perkembangannya dan memperkayanya selama abad yang berlalu.

Uniknya, Qigong telah menjadi bagian tak terpisahkan bagi kebudayaan China. Latihan qigong dapat menimbulkan banyak sekali efek yang berguna, diantaranya yang paling umum adalah untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit, memperkuat badan, menghindari penuaan dini, dan memperpanjang waktu hidup.

Latihan qigong menuntut seseorang untuk rilek, tenang, alami dan bebas dari gangguan, sehingga dapat menghilangkan stress dan meredakan ketegangan. Latihan qigong membantu mempertahankan saluran utama dan yang berhubungan dengannya untuk tetap dalam kondisi prima guna mewujudkan harmoni antara energi vital dan darah, menyeimbangkan Yin dan Yang, dan meningkatkan kordinasi system syaraf, sehingga daya kerja daerah terlindung dari celebral cortex dapat ditingkatkan.

Latihan qigong membantu mengurangi metabolisme fundamental, meningkatkan kapasitas penyimpanan energi, menyampaikan pesan pada abdomen, meningkatkan nafsu makan dan melancarkan pencernaan.

Latihan qigong membantu menyempurnakan potensial tubuh, merangsang faktor positif dan meningkatkan control diri seseorang. Dengan demikian, qigong mejadi ukuran efektif untuk mendapatkan kesehatan dan umur panjang.

Pakar qigong dan praktisi medis telah membangun teori melalui pengalaman dan latihan selama berabad-abad. Penelitian ilmiah modern dan evaluasi dari latihan qigong telah menarik tumbuhnya minat dan perhatian kalangan akademisi dan kaum intelektual seluruh dunia. Hal ini mungkin membawa keuntungan secara intelektual bagi qigong, namun bisa menjadikan qigong sebagai fenomena mekanisme dogmatis semata.

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Latihan pernafasan”

Posting Komentar