translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

10 Jun 2011

Wisata Chinesetown -Sydney

chinatownsydney
Salah satu gerbang Chinatown Sydney.
Sydney - Chinatown Sydney adalah sebuah pemukiman urban di bagian selatan distrik bisnis pusat Sydney, di New South Wales, Australia. Lokasinya terletak di Haymarket, antara Central Station dan Darling Harbour.
Chinatown Sydney merupakan bagian dari wilayah pemerintah lokal City of Sydney dan Pecinan terbesar di Australia. Pecinan ini menjadi daya tarik ribuan wisatawan yang melintas untuk menikmati keunikannya. Kunjungan anda menjadi lengkap jika anda telah mengunjungi Pecinan Sydney.

Chinatown terpusat di sekitar Dixon Street, sebuah mal pejalan kaki dengan banyak restoran China dan dengan sebuah Paifang (sejenis gapura bernuansa Tiongkok) di setiap ujung.

Gapura bertuliskan ‘Memahami Kepercayaan dan Budi Luhur’ dan gerbang ujung satu lagi bertuliskan ‘Dalam Empat Samudra Semua Orang adalah Saudara’. Di sisi timur, paralel dengan Dixon Street, adalah Sussex Street, yang memiliki sejumlah pertokoan, dan George Street, salah satu jalan raya utama Sydney. Di ujung timur Chinatown, di sudut George Street dan Hay Street, terdapat sebuah patung dibuat dari batang pohon yang telah mati, patung Golden Water Mouth.

Kayu berusia dua abad Eucalyptus Melliodora ini ditemukan di Condobolin dekat sungai Lachlan New South Wales. Pohon ini unik karena menggambarkan semua kehidupan terbentuk dari 5 unsur elemen, yakni emas atau metal, kayu, api, air dan tanah yang disebut ‘five elements.’

Keunikan lain adalah termanefestasinya lima elemen ini secara hidup, dimana air selalu menetes dari cabang kayu mati ini, demikian juga polesan warna emas adalah cerminan metal. Pohon unik yang berada di persimpangan ini menarik para pengunjung karena termasuk Sydney Open Museum.

Di sisi selatan Chinatown, sebuah komplek besar pertokoan tradisional bernama Market City yang memiliki lebih dari seratus  kios. Market City menyediakan berbagai jenis kebutuhan sandang,  pangan dan cendera mata dengan  harga pasar. Di lantai atas merupakan pusat perbelanjaan modern, restoran, butik, dan komplek bioskop.

Pasar Jumat-Sabtu dan pasar loak Paddy's Market juga berada disini. Karena jumlah wisatawan yang semakin banyak mengunjungi pasar ini sekarang di buka juga pada hari Rabu. Jalur pecinan ini juga dihubungkan oleh light cityrail, yaitu trem kereta bergerbong dua.(man/waa)

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Wisata Chinesetown -Sydney”

Posting Komentar