translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

14 Jan 2011

Kawasan wisata eklusif NUSA DUA

nusadua1
Dua pulau tampak dari angkasa.(foto : Wayan Manuh/ Era Baru)
Salah satu tempat wisata elit di Bali adalah Nusa Dua. Lokasi Nusa Dua sendiri adalah di paling ujung selatan Pulau Bali. Jaraknya dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Kuta kurang lebih 8 km, atau sekitar tiga puluh menit perjalanan.


Nusa Dua memiliki areal lahan sekitar 350 hektar. Lahan kering dan non produktif ini di akuisisi oleh pemerintah pada tahun 70-an, kemudian di kembangkan menjadi suatu proyek pariwisata prestisius dengan rancang bangun yang komprehensif dan terpadu sebagai resor wisata budaya.

Sejarah Nusa Dua

nusadua3
Nusa Dua diambil dari kata Dua Nusa atau dua pulau. Dua pulau tandus ini tetap dibiarkan alami tanpa bangunan dan menjadi salah satu tempat kunjungan para wisatawan.
Pada tahun 1970 pemerintah menetapkan sebuah perusahaan konsultan Perancis, yakni Centrale Société pour l'peralatan Touristique outre-Mer (SCETO) untuk menyusun rencana induk guna pengembangan pariwisata di Bali secara berkelanjutan. 

Rencana SCETO diusulkan kompleks resor mandiri ditepi laut, terpisah dari pusat penduduk utama untuk meminimalisir dampak pariwisata terhadap budaya Bali. Situs ini  diusulkan adalah Nusa Dua. Ini adalah salah satu keunikan resor wisata Nusa Dua, yakni dibangun terpisah dari desa Bualu sebagai lokasi utama dari resor ini. Resor dengan konsep wisata budaya ini mendapat gelar sebagai salah satu dari enam resort terbaik dunia.

Taman terindah di Bali

nusadua2
Taman dari resornya bisa kita sebut taman  terindah di Bali. Jika anda berkunjung ke Nusa Dua tidak terlihat bahwa di balik pohon-pohon kelapa itu berdiri hotel-hotel berbintang lima yang mempekerjakan ribuan karyawan. 

Sepanjang jalan masuk pintu utama candi bentar kita bisa menikmati taman yang tertata asri. Sangat ideal untuk bersantai bersama keluarga, baik itu untuk berjalan kaki, lari-lari atau naik sepeda. 

Tempat-tempat menarik disekitar ini selain pantainya antara lain water blow di pulau selatan dari dua nusa. Water blow atau semburan air terjadi ketika gelombang pasang menghantam terowongan batu karang sehingga menghempas air membentuk payung. Ini adalah atraksi yang paling menarik saat air pasang.
Pantai Mengiat adalah pantai terpanjang di Nusa Dua merentang hampir satu kilometer dari hotel Hyatt sampai Pura Geger di ujung barat laut. 

Pantai Hotel Nikko di desa Sawangan merupakan pantai lain yang tidak kalah menariknya. Kita bisa menyaksikan keindahan laut biru pantai selatan dari lantai 15 Hotel Nikko. 

Hotel Ini adalah bangunan pengecualian dari peraturan berwawasan lingkungan dimana semua hotel di areal Nusa Dua dibangun tidak melebihi ketinggian pohon kelapa.  Atau maksimum tiga atau empat lantai. Hotel Nikko bisa dibangun lima belas lantai karena bangunannya mengikuti kontur tebing. Yang ketinggiannya mencapai kurang lebih 70 meter dari permukaan laut. 

Hotel bintang lima ini sangat asri dengan kolam renangnya yang spektakuler, sangat cocok untuk liburan keluarga atau menikmati makan malam elegan. Tentu tidak hanya Hotel Nikko, Grand Hyatt, Ayodya Resort, Club Med, Nusa Dua Beach adalah sebagian dari hotel-hotel besar di kawasan ini.

BTDC sebagai pengelola kawasan

Adalah sigkatan dari Bali Tourism Development Corporation  atau  Perusahaan  Pengembangan Pariwisata Bali merupakan perusahaan BUMN pengelola areal yang sekarang berdiri sekitar 25 hotel dengan jumlah kamar hampir 4.000. Perusahaan  yang berdiri tahun 1972 bertanggung jawab terhadap perencanaan  dan pengembangan kawasan resor Nusa Dua.
Untuk melakukan peran sebagai pengelola kawasan wisata yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan BTDC terus mengembangkan sumberdaya dari tahun ketahun. 

Prasarana, baik yang dikelola sendiri atau dari perusahaan lain seperti PAM, PLN dan telekomuniasi oleh TELKOM. Semua jaringannya menggunakan instalasi bawah tanah untuk menjaga keindahan Nusa Dua. 

Kepedulian terhadap lingkungan memang sudah dari awal direncanakan atas kawasan ini. Yakni sistem pengolahan limbah, dimana limbah air hotel di proses untuk dijadikan pengairan dan irigasi. Pusat stasiun pengolahan limbah ini di beri nama “ eco lagoon.” 

Untuk mereka yang menggemari olah raga golf di sini juga ada lapangan golf 18 holes. Bahkan tidak hanya satu. Nusa Dua sekarang tidak hanya exclusif untuk turis berkelas tertentu tetapi seiring berkembangnya kawasan berbagai pilihan akomodasi tersedia sesuai dengan anggaran anda. (man/waa)

sumber ; www.erabaru.net

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “Kawasan wisata eklusif NUSA DUA”

Posting Komentar