translate languages

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

2 Okt 2010

《merubah emosional menjadi positif》

terkadang tanpa berpikir panjang kita melontarkan amarah kita, melontarkan emosional kita , mengeluarkan apa yang tidak menyenangkan kita bahkan kita melupakan rasa kasih didalam jiwa ini.

perasaan perasaan seperti itu membawa kita semakin terpuruk untuk melaksanakan kehidupan dan memberikan pengaruh negatif bagi kehidupan kita, bagi teman - teman yang selalu berada disamping kita, terlebih lagi jika emosional, dan amarah yang kita keluarkan tidak tepat sasaran alias kita mengeluarkan emosional dan amarah ini kepada orang yang tidak bersalah. hal ini tentunya akan merusak kekerabatan dengan teman, keluarga atau pacar.


perasaan amarah dan emosional sebenarnya datang dari perasaan kita yang tersakiti oleh kondisi yang tidak sesuai dilingkungan kita, dan disamping itu membuat pikiran kita bekerja 2 x lebih ekstra lagi.

bagi kebanyakan orang , amarah dan emosional dapat dengan mudah diatasi sehingga bukan masalah besar baginya untuk mengontrol diri dalam bersifat dan berbicara pada saat amarah dan emosional meledak -ledak. orang seperti ini akan dengan cepat mengubah cara berpikir dan berbicara dengan waktu semenit saja dari amarah dan emosional dirinya ia dapat berubah menjadi seorang yang tenang dan seperti sifat biasanya, dan ini bukan masalah serius bagi sebagian besar orang seperti ini.

tapi untuk kebanyakan orang lainnya, hal ini adalah boomerang tajam yang kapan saja bisa menusuk kembali. karena pengontrolan amarah dan emosional dirinya belum cukup kuat sehingga pada saat emosional telah mencapai puncak dan amarah dengan mudah dapat terukir keluar maka siapa saja dapat mengenai dampaknya, ini layaknya lumpur lapindo yang menyerah jawa timur, berbahaya sekali dan memberikan dampak yang sangat buruk bagi dirinya dan tanggapan orang lain terhadapnya. wahh..kalau ketemu orang seperti ini sebaiknya anda siap -siap pasang kuda -kuda untuk melarikan diri. sekali meledak dapat mengakibatkan getaran yang sangat kencang seperti gempa bumi yang berpusat dalam dirinya, bagi orang - orang seperti ini kesempatan untuk berubah masih besar, jalan terbuka besar untuk membelokan kemudi agar tidak salah jalan.
1. kontrol emosional anda
   setelah mengeluarkan semua unek -unek dan kemauan untuk marah, tolong..kontrol cara berpikir anda, tenangkan diri anda dengan mengangkat tinggi -tinggi diri anda ( maksudnya menjinjit ) terus hembuskan nafas perlahan -lahan). stabilkan detak jatung anda, terus lakukan senam untuk mimik wajah anda, dengan senyum dan rileksasi, sehingga wajah anda tampak berseri -seri lagi, ini akan seperti anda biasanya.

2. pelakukan orang lain seperti anda sendiri
   setelah amarah ataupun emosional, kita paling senang memperlakukan orang lain sebagai kambing hitam, atau pemain penganti yang siap kita marahi, bahkan sering kali kita langsung melontarkan amarah secara langsung tanpa memikirkan bagimana tanggapan orang tersebut dengan amarah kita, nah..untuk hal ini ada baiknya anda perlakukan orang lain seperti diri anda sendiri, anda pasti menyanyangi diri anda kan, walaupun anda dikondisikan pada saat marah, emosi pasti anda masih sayang dengan diri sendiri, maka baiknya anda perlakukan orang lain seperti diri anda, lihatlah diri dia seperti diri anda sendiri,maka anda akan tersenyum untuknya.

3. katakan pada diri anda, "kalau anda sangat bahagia saat ini"
mungkin ini hal konyol sekali kalau ditanggapi, tapi ini jalan terbaik buat suggesti diri anda sendiri, sebagian dari perilaku anda sebenarnya dikendalikan oleh suggesti anda sendiri, maka jika anda dapat mensuggestinya anda adalah bagian dari orang -orang sukses dalam memperlakukan pikiran anda, suggesti pikiran sendiri bertujuan agar diri anda dapat mudah berkontraksi dengan lingkungan secara cepat, sebarkan suggesti anda kedalam pikiran anda, sehingga dengan tanggapnya pikiran akan menyebarkannya kedalam perilaku anda. dampak positifnya perilaku anda dengan sendirinya menjadi tenang dan bertambah bahagia. beberapa contoh suggesti pikiran saat emosional : "aku sangat bahagia saat ini "," semua ini akan baik -baik saja","ini bukan masalah berat bagi ku","aku senang saat ini" dan lain sebagainya. semua suggesti dapat membangkitkan daya pikir anda semakin berkembang lagi, dan hanya diri anda sendiri yang tahu bagaimana mengunakan suggesti tersebut.

kalau anda telah berhasil mengendalikan amarah dan emosional anda, ucapkan pada diri anda, "selamat". sebagian orang yang gagal dalam mengontrol amarah dan emosionalnya biasanya gagal dalam menjalin relasi dengan teman, partner kerja, dan gotong royong masyarakat social. hal ini sangatlah penting mengingat amarah dan emosional hanya bagian kecil yang dapat menyerumuskan kita pada penyesalan dan cemooh yang berlebihan dalam kalangan masyarakat.

~semoga tips kecil diatas dapat digunakan untuk kita semua~

ditulis oleh : joss_harlin ( 03 - oktober - 2010 )

"jika terjadi kesalahan dalam menulis, atau tips yang salah mohon dimaafkan, karena saya hanya amatiran yang belajar bagaimana untuk berbagi dan tips tersebut hanya karangan singkat yang menurut cara berpikir saya, jika terjadi ketidak sesuaian saya mohon diberitahu dan dikomentari, terimakasih"

maspeypah
  • Digg
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • TwitThis

Artikel Menarik Lainnya



Komentar :

ada 0 comment ke “《merubah emosional menjadi positif》”

Posting Komentar